1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah
Latar Belakang: Pengemudi akan
menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan
Bryce Canyon National Park.
Mengapa Unik: Serangkaian
jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi
menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce,
Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda
dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik," kata
Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif
soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80
tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico
Latar Belakang : Penjahat telah
menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam
kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama
dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah
AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa Unik : Pada bulan
Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan
sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai,
terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem
ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug
Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama
dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki
Background: Konstruksi terowongan
antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan
arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda
penyelesaiannya.
Mengapa Unik : Terowongan
tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua
yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan
sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan
terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum
180 meter.
6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris
Latar
Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air.
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia
konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan
Latar
Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California
Latar Belakang : Yerba Buena Island
adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland
dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua
jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan
diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas
di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa
menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi
memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu
jembatan besar.
9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ
Latar Belakang : Tiga terowongan
yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea,
salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun
1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun
1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa Unik : Invasi Ketiga
Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai
26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara
menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan
terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer.
GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu
di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.
10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia
Latar Belakang: Pembangunan
terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat
mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang
diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi
pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa Unik : Terowongan
dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga
pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui
struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan,
tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan
secara teratur. Karena kagum terhadap struktur alam ini, William
Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow Wilson's menteri
luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.
11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado
Latar Belakang : Pengemudi akan
menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di
sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973,
menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland
Pass.
Mengapa Unik : Ada banyak hal
yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti dengan ketinggian
11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan yang tertinggi di
dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung terpanjang di AS.
Menambah struktur's mistik adalah bahwa ia memotong di bawah Continental
Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi
dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.
12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado
Latar Belakang : Jauh di perut
Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti kompleks militer yang
pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD).
Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas ini dimaksudkan untuk
menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur mandiri, seperti
menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.
Mengapa Unik : Karyawan di
kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000
kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di
sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus
batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. "Granit
merupakan batu yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk struktur
pelindung itu sangat baik."
13. MailRail
Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.
Mengapa Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.
14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar
Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke
6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu
lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara
Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa
Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh
dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di
pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka.
Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi
"kunang-kunang laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang
terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di
teluk.
15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada
Latar Belakang : Kanada pada musim
dingin bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang
sangat besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota
Toronto. Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal
bawah tanah serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko
ritel.
Mengapa Unik : Beberapa kota,
termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah
yang serupa, tetapi Toronto membuat terowongan yang terbesar, sekitar
16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor psikologis adalah suatu
pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash berkata, terutama
ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan mereka dengan
tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif untuk kompleks
terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di sesuaikan dengan
warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter berjalan melalui
bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan, sementara oranye akan
menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.
16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam
Latar Belakang : ini labirin
terowongan luas yang memainkan peranan penting dalam strategi Vietkong
selama kedua Perang Indochina Perancis dan Perang Vietnam. Perkiraan
pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar lebih dari 150 mil.
Mengapa Unik : Sistem
terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu
Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun
terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang
sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando
bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan
hanya beberapa meter, sementara yang lain telah diperluas untuk
mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.
17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss
Latar Belakang : Jika terowongan
ini sudah selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi
terpanjang dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui
Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu
untuk penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah
meningkat sebesar miliaran euro.
Mengapa Unik : Meskipun
pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan
tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan.
"Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan
penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi melalui
terowongan," kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah meningkat,
terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan perdagangan
antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar Belakang : Struktur buatan
manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke
gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.
Mengapa Unik : The Tunnel of
Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko
National Park, sebuah daerah yang dikenal karena kekayaan geologi,
termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada tahun 1996,
struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik, batu-batu
yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm mungkin
diperlukan untuk pelancong.
No comments:
Post a Comment