
1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.

2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
 Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini 
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
 Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah 
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada 
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka 
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
 setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua 
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena 
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk 
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam 
terowongan.

3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah
Latar Belakang: Pengemudi akan 
menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan 
Bryce Canyon National Park.
Mengapa Unik: Serangkaian 
jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi 
menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce, 
Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda
 dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik," kata 
Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif 
soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80 
tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.

4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico
Latar Belakang : Penjahat telah 
menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam 
kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama 
dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah 
AS, berasal dari Kanada dan Meksiko. 
Mengapa Unik : Pada bulan 
Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan 
sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, 
terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem 
ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug 
Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama 
dua tahun. 

5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki
Background: Konstruksi terowongan 
antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan 
arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda 
penyelesaiannya.
Mengapa Unik : Terowongan 
tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua 
yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan 
sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan 
terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 
180 meter.

6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris
Latar
 Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak 
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat 
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah 
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
 Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
 kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
 adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang 
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai 
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk 
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. 
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad 
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi 
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur 
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria 
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia 
konstruksi.

7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan
Latar
 Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
 dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
 Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel 
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
 membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
 geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur 
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
 menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California
Latar Belakang : Yerba Buena Island
 adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland
 dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua 
jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa Unik : Dengan 
diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas 
di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa 
menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi 
memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu 
jembatan besar.

9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ
Latar Belakang : Tiga terowongan 
yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, 
salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 
1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun
 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa Unik : Invasi Ketiga 
Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 
26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara 
menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan
 terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. 
GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu
 di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.

10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia
Latar Belakang: Pembangunan 
terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat 
mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang 
diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi 
pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa Unik : Terowongan 
dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga 
pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui
 struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan,
 tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan
 secara teratur. Karena kagum terhadap struktur alam ini, William 
Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow Wilson's menteri 
luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.

11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado
Latar Belakang : Pengemudi akan 
menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di 
sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973, 
menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland
 Pass.
Mengapa Unik : Ada banyak hal
 yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti dengan ketinggian 
11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan yang tertinggi di 
dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung terpanjang di AS. 
Menambah struktur's mistik adalah bahwa ia memotong di bawah Continental
 Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi 
dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.

12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado
Latar Belakang : Jauh di perut 
Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti kompleks militer yang 
pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD). 
Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas ini dimaksudkan untuk 
menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur mandiri, seperti 
menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.
Mengapa Unik : Karyawan di 
kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 
kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di 
sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus 
batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. "Granit 
merupakan batu yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk struktur 
pelindung itu sangat baik."

13. MailRail
Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.
Mengapa Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.

14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar
 Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke 
6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu
 lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara 
Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa
 Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh 
dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di 
pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. 
Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi 
"kunang-kunang laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang 
terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di 
teluk.

15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada
Latar Belakang : Kanada pada musim 
dingin bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang
 sangat besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota 
Toronto. Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal 
bawah tanah serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko 
ritel.
Mengapa Unik : Beberapa kota,
 termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah
 yang serupa, tetapi Toronto membuat terowongan yang terbesar, sekitar 
16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor psikologis adalah suatu 
pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash berkata, terutama 
ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan mereka dengan 
tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif untuk kompleks 
terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di sesuaikan dengan 
warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter berjalan melalui 
bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan, sementara oranye akan 
menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.

16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam
Latar Belakang : ini labirin 
terowongan luas yang memainkan peranan penting dalam strategi Vietkong 
selama kedua Perang Indochina Perancis dan Perang Vietnam. Perkiraan 
pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar lebih dari 150 mil.
Mengapa Unik : Sistem 
terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu 
Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun 
terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang 
sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando 
bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan 
hanya beberapa meter, sementara yang lain telah diperluas untuk 
mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.

17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss
Latar Belakang : Jika terowongan 
ini sudah selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi 
terpanjang dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui 
Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu 
untuk penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah 
meningkat sebesar miliaran euro.
Mengapa Unik : Meskipun 
pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan 
tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan. 
"Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan 
penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi melalui 
terowongan," kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah meningkat, 
terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan perdagangan 
antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.

Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar Belakang : Struktur buatan 
manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke 
gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.
Mengapa Unik : The Tunnel of 
Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko 
National Park, sebuah daerah yang dikenal karena kekayaan geologi, 
termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada tahun 1996, 
struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik, batu-batu 
yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm mungkin 
diperlukan untuk pelancong.
 
No comments:
Post a Comment